Tuesday 9 June 2015

Mengenal Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ merupakan bahasa yang sangat populer di dunia pengembangan perangkat lunak. Seperti halnya pendahulunya yaitu Bahasa C, C++ juga dimasukkan dalam kelompok bahasa tingkat menengah (middle level language). Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Keistimewaan C++ adalah karena bahasa ini telah mendukung OOP (Object Oriented Programming). Selain itu juga tersedia banyak pustaka (library) yang dapat kita gunakan untuk mempercepat pembuatan aplikasi. Pustaka ini sebagian tersedia gratis di beberapa situs internet.

Kode program dalam bahasa C++ yang kita buat tidak dapat langsung dieksekusi namun harus dikompilasi lebih dahulu dengan compiler C++ yang sesuai. Konsep kompilasi dan eksekusi program pada C++ dapat digambarkan seperti pada Gambar 9.2. Kode program yang kita buat disebut sebagai kode sumber dan merupakan file teks biasa dengan nama file yang berekstensi .cpp. Kode program ini kemudian dimasukkan ke PreProcessor. Keluaran dari PreProcessor ini adalah file yang akan dimasukkan ke dalam Compiler. Compiler akan menerjemahkan kode program dalam file tersebut menjadi bahasa assembly. Kode program program ini kemudian diproses oleh Assembler menjadi kode obyek. Jika tidak ada file pustaka (library) yang terlibat, maka kode obyek ini akan langsung dieksekusi menjadi file. Jika ada pustaka lain yang terlibat maka Link Editor akan mengkombinasikan kode obyek dan pustaka untuk membentuk file EXE.

Kita dapat mengetikkan kode-kode C++ dengan sebarang teks editor, seperti Notepad, Vi, atau yang lainnya. Namun akan lebih mudah jika kita menggunakan perangkat IDE (Integrated Development Environment) yang menyediakan secara terintegrasi teks editor dan compiler C++. Beberapa IDE yang cukup terkenal antara lain Microsoft Visual Studio, Borland C++, MingGW Developer Studio, dan lain-lain. Pada buku ini sebagian besar code ditulis dan dijalankan dengan menggunakan MingGW Developer Studio. Lisensi IDE ini free, artinya kita bisa menggunakan tanpa diributkan dengan masalah lisensi dari perangkat lunak.

Kerangka Program C++

#include <iostream>
using namespace std;
void nama_fungsi() {
//kode untuk nama_fungsi
.....;
}
// Fungsi utama
int main() {
// kode bagian main/utama
.....;
return 0;
}

Perhatikan kode program di atas. Kode program terdiri
dari beberapa bagian seperti berikut:
- Bagian untuk mendaftarkan file atau kondisi tertentu.Bagian ini selalu diawali
dengan tanda #.
- Bagian pendefinisian fungsi. Diawali dengan kata kunci void diikuti nama fungsi.
Bagian ini boleh tidak ada jika kita tidak membuat fungsi.
- Bagian main(). Pada kode program biasanya dimulai dengan int main(). Bagian ini
harus ada pada setiap program karena merupakan fungsi utama.
- Bagian yang dimulai dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda }, baik pada bagian void maupun main, disebut blok kode.

0 comments:

Post a Comment