1.Identifikasi problem à perbedaan antara keadaan sekarang dengan keadaan yang diinginkan, meliputi :
- scanning stage, memonitor situasi kerja dan perubahan lingkungan yang dapat menimbulkan masalah/problem
- categorization stage, mengkategorikan perbedaan antara situasi sekarang dengan situasi yang diinginkan.
- diagnosis stage, pengumpulan informasi tambahan dan mendiagnosa penyebab dan akibat yang dapat menimbulkan dari masalah tersebut.
2.Mencari alternatif solusi.
3.Evaluasi dan memilih alternatif
- feasibility, menilai apakah suatu alternatif dapat dicapai dengan batasan-batasan yang ada dalam organisasi
- quality, menilai apakah alternatif tersebut efektif untuk menyelesaikan masalah yang ada.
- acceptability, tingkat penerimaan pembuat keputusan dan orang lain yang behubungan dengan alternatif tersebut.
- costs, berapa sumber daya yang dibituhkan dan apa efek samping dari suatu alternatikf.
- reversibility, kemampuan mengganti alternatif dengan mudah.
4. Implementasi dan memonitor solusi yang dipilih.
0 comments:
Post a Comment