Sunday 7 June 2015

Jenis-jenis Pengambilan Keputusan

PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK

Umumnya keputusan dalam organisasi dibuat oleh lebih dari satu orang. Ada beberapa cara untuk mendorong kreativitas dari kelompok :

a.Brainstorming, yaitu suatu teknik yang mendorong anggota kelompok untuk menemukan ide-ide sebanyak mungkin dari suatu topik tanpa menilai ide tersebut.

b.Nominal Group Technique (NGT), yaitu teknik yang menggabungkan pekerjaan individu dan kelompok dalam suatu aturan tertentu.

c.Synectics, yaitu teknik yang menggunakan suatu analog untuk membantu anggota kelompok melihat masalah dari perspektif yang baru.

 

PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN SIFAT

1.Keputusan Auto-Generated, adalah keputusan yang diambil dengan cepat serta kurang memperhatikan, mempertimbangkan data, fakta, informasi, tempat dan lain sebagainya, mempunyai resiko yang besar dan diambil dalam keadaan yang darurat.

2.Keputusan Induced, adalah keputusan yang diambil dengan mempertimbangkan data, fakta informasi, dituasi, tujuan dan analisa-analisa tertentu. Keputusan ini lebih rasional dan dapat dipercaya, serta resaiko yang akan terjadi dapat diminimalkan.

0 comments:

Post a Comment