Sunday 7 June 2015

Macam-macam Sistem Manajemen

1. Manajemen Ke-bapak-an

Artinya dalam setiap usaha, aktivitas organisasi selalu mengikuti jejak bapak. Apa yang dikatakan bapak itulah yang benar, tidak ada alternatif lain kecuali mengikuti jejak bapak.

Kelebihan : jika bapak/pimpinan tetap pada prporsi yang benar, pekerjaan dapat dengan cepat dikerjakan, sehingga tujuan tercapai dengan baik.

Kelemahan:

  • Jika bapak tidak benar permasalahan akan hancur karena bawahannya akan ikut menyeleweng
  • Kemajuan organisasi terbatas sebab hany tergantung pada kemampuan bapak, pekerja hanya merupakan robot saja.
  • Jika terjadi pergantian pimpinan, sedangkan pekerja sudah begitu percaya kepada bapak lama, maka pejabat baru akan sulit untuk melakukan tugas-tugas.

2. Manajemen Terbuka

Seorang manajer sebelum mengambil keputusan, terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada pegawai untuk memberikan saran-saran, pendapat, tegasnya manajer mengajak pegawai ikut serta berpartisipasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

Kelebihan manajemen terbuka :

  • Staf/pegawai ikut memikirkan kesulitan yang dihadapi organisasi dan ikut memikirkan cara-cara pemecahan masalah yang dihadapi.
  • Staf/pegawai akan lebih bergairah dan berpartisipasi tinggi pada tugas-tugasnya.
  • Staf/pegawai mengetahui arah yng diambil organisasi sehingga setelah menjadi keputusan mereka tidak ragu untuk melaksanakannya.
  • Staf/pegawai terbina sehingga pengkaderan berkembang dan kesinambungan terjamin.
  • Akan menimbulkan suatu kompetisi yang sehat sambil mereka berlomba-lomba mengembangkan inisiatif dan daya inovatifnya.

3. Manajemen Tertutup

Dalam manajemen tertutup, manajer tidak mengkomunikasikan kepada organisasi dan keputusan diambil tanpa melibatkan staf/pegawai.

4. Manajemen Demokrasi

Pelaksanaannya hampir sama dengan manajemen terbuka, tetapi dalam manajemen demokrasi staf/pegawai bukan hanya diberikan hak untuk memberikan saran, ide dan lain-lain, tetapi mereka juga ikut menentukan keputusan yang diambil.

0 comments:

Post a Comment